Penerapan Stimulasi Keterlambatan Bicara Pada Anak Dengan Gangguan Berbicara di PAUD Sekolah Alam Insan Kamil Samata.

Mansyur, Amar (2024) Penerapan Stimulasi Keterlambatan Bicara Pada Anak Dengan Gangguan Berbicara di PAUD Sekolah Alam Insan Kamil Samata. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Makassar.

[img] Text
KTI _AMAR MANSYUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL_AMAR MANSYUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1Fdvujoks-Re_eJWUu...

Abstract

Perkembangan bahasa pada setiap anak pastilah berbeda. Hal ini di pengnaruhi oleh stimulus yang di berikan oleh orang terdekat yang ada di sekelilingnya. Pada anak usia dini berusia 4 tahun, tahap perkembangan bahasa dapat juga kita amati dari kelancaran saat anak berbicara apakah anak sudah lancar berbicara atau belum. Tujuan Penelitian : untuk mengetahui penerapan stimulasi keterlambatan bicara pada anak dengan gangguan berbicara di PAUD Sekolah Alam Insan Kamil Samata. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang melibatkan 1 responden sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil Penelitian pada hasil kegiatan penjaringan di temukan 1 orang anak yang mengalami gangguan bicara (Speech Delay), dimana hasil kegiatan penjaringan di temukan anak mampu mengucapkan artikulasi dengan benar namun terebata-bata serta pengucapanya yang kurang percaya diri dan anak mampu menjawab jenis hewan dan buah-buahan. Pada hasil kegiatan stimulasi pada hari pertama yaitu 40% anak hanya mampu menyebutkan 4 nama hewan dengan artikulasi yang benar, hari kedua yaitu 50% anak hanya mampu menyebutkan 5 nama hewan dengan artikulasi yang benar, hari ketiga yaitu 60% anak mampu menyebutkan 6 nama hewan dengan artikulasi yamg benar, untuk hari keempat yaitu anak mampu menyebutkan 7 nama hewan dengan artikulasi yang benar, dan hari kelima anak mampu menyebutkan 9 nama hewan dengan artikulasi yang benar, selanjutnya metode tanya jawab didapatkan hasil pada hari pertama yaitu 50% anak hanya mampu menjawab 5 nama buah, hari kedua yaitu 50% anak hanya mampu menjawab 5 nama buah, hari ketiga yaitu 60% anak mampu menjawab 6 nama buah, hari keempat yaitu 70% anak mampu menjawab 7 nama buah dan hari kelima yaitu 90% anak mampu menjawab 9 nama buah. Kesimpulan : Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan, yaitu Penerapan Stimulasi Keterlambatan Bicara Pada Anak Dengan Gangguan Berbicara di PAUD Sekolah Alam Insan Kamil Samata dapat di simpulkan, Penerapan melatih artikulasi jelas pada anak yang dari awalnya anak tidak mampu mengucap atau meniru apa yang di katakan, dan setelah di lakukan stimulasi dengan menggunakan artikulasi jelas dan tanya jawab seperti (nama hewan dan buah-buahan) anak mampu mengucapkan namun masih terbata-bata. Penerapan melatih bicara dapat meningkatkan kemampuan secara verbal dan non-verbal sehinggah tumbuh kembangnya dapat di katakan sesuai dengan anak seusianya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Makassar > Jurusan Keperawatan > Keperawatan Makassar
Depositing User: Unnamed user with email hasnawati@poltekkes-mks.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:20
Last Modified: 06 Jan 2025 02:20
URI: http://repositorynew.poltekkes-mks.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item