Perbedaan Efek Metode Edukasi TikTok dan WhatsApp Terhadap Skor Pengetahuan Gizi dalam Upaya Pencegahan Stunting pada Mahasiswi Tingkat 1 Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar

Utami, Mawarni (2023) Perbedaan Efek Metode Edukasi TikTok dan WhatsApp Terhadap Skor Pengetahuan Gizi dalam Upaya Pencegahan Stunting pada Mahasiswi Tingkat 1 Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Makassar.

[img] Text
MANUSKRIP MAWARNI UTAMI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
PERBEDAAN EFEK METODE EDUKASI TIKTOK DAN WHATSAPP TERHADAP SKOR PENGETAHUAN GIZI DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING PADA MAHASISWI TINGKAT 1 JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES MAKASSAR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MAWAR UTAMI (FIX).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Edukasi gizi atau pendidikan gizi pada remaja merupakan intervensi spesifik perbaikan gizi yang perlu dilakukan dengan tujuan meningkatkan status gizi dan memutus rantai integritas masalah gizi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan skor pengetahuan gizi sebelum dan sesudah pemberian edukasi TikTok dan WhatsApp, menganalisis perbedaan efek metode edukasi TikTok dan WhatsApp. Jenis penelitian ini merupakan desain studi ini adalah quasy experiment dengan rancangan Pre Test Post Test Control Group di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar. Populasi mahasiswi tingkat 1 Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar. Besar sampel sebannyak 44 orang. Pengetahuan gizi dikumpulkan dengan cara mengisi kuesioner online pengetahuan. Uji Statistik dengan Uji Wilcoxon dan Uji Mann Withney. Hasil penelitian diketahui tingkat pengetahuan sebelum edukasi umumnya cukup pada kelompok TikTok (86,4%) dan WhatsApp (86,4%). Tingkat pengetahuan sesudah umumnya baik pada kelompok TikTok (90,9%) dan WhatsApp (95,5%). Analisis statistik diketahui ada perbedaan skor pengetahuan gizi sebelum dan sesudah pemberian edukasi melalui TikTok (p= 0,000). Analisis statistik diketahui ada perbedaan efek metode pengetahuan gizi ada sebelum dan sesudah edukasi melalui WhatsApp (p= 0,000). Analisis statistik diketahui ada perbedaan efek metode edukasi TikTok dan WhatsApp terhadap skor pengetahuan gizi (p=0,043). Saran penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini tetap dengan menggunakan media sosial TikTok dan WhatsApp

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QN Nutrition
Divisions: Poltekkes Kemenkes Makassar > Jurusan Gizi
Depositing User: Elsi Elsi Premiwati
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:54
Last Modified: 13 Aug 2025 02:54
URI: http://repositorynew.poltekkes-mks.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item