Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Menggunakan Media Brosur Terhadap Pengetahuan tentang sarapan pagi pada anak sekolah dasar di MI DDI Ujung Lare Parepare

AZKIANNISA.M, AZKIANNISA.M (2023) Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Menggunakan Media Brosur Terhadap Pengetahuan tentang sarapan pagi pada anak sekolah dasar di MI DDI Ujung Lare Parepare. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Makassar.

[img] Text
Manuskrip Azkiannisa.docx

Download (60kB)
[img] Text
Skripsi Azkiannisa.M.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Turnitin Azkiannisa.M.pdf

Download (2MB)

Abstract

Edukasi gizi sangat berguna untuk meningkatkan pengetahuan gizi anak sekolah dalam membentuk sikap positif pada makanan sebagai upaya untuk membentuk kebiasaan makan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan menggunakan media brosur terhadap perubahan pengetahuan tentang sarapan pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah one group pre and post test design di MI DDI Ujung Lare Parepare. Sampel penelitian mengambil seluruh anggota populasi seluruh murid kelas IV dan V. Pengetahuan gizi dikumpulkan dengan cara mengisi kuesioner yang dibagikan secara langsung. Uji statistic dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian diketahui sebagian besar sampel kelas dengan kategori IV 60%, jenis kelamin dengan kategori laki-laki 57,5%, pekerjaan ayah dengan kategori lain-lain 32,5%, pekerjaan ibu dengan kategori PNS/TNI/Polri 35%. Tingkat pengetahuan sampel sebelum diberikan edukasi dengan kategori pengetahuan baik 67,5%. Tingkat pengetahuan sampel setelah diberikan edukasi dengan kategori pengetahuan baik 100%. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan skor pengetahuan gizi sebelum dan sesudah pemberian edukasi melalui media brosur tentang sarapan pagi (p = 0,001). Tingkat penerimaan media brosur yaitu 82,5% sangat menyukai brosur tersebut. Saran penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan media yang lain sesuai dengan perkembangan tenknologi sehingga semakin mendukung minat subjek untuk mempelajari informasi yang disajikan. Penelitian ini perlu dikaji lebih lanjut selain dari pengukuran tingkat pengetahuan, sebaiknya pendidikan gizi dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QN Nutrition
Divisions: Poltekkes Kemenkes Makassar > Jurusan Gizi
Depositing User: Elsi Elsi Premiwati
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:34
Last Modified: 13 Aug 2025 02:34
URI: http://repositorynew.poltekkes-mks.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item