HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU TERHADAP KARIES GIGI ANAK TUNANETRA DI SLB-A YAPTI KOTA MAKASSAR

NITASARI, VERA (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU TERHADAP KARIES GIGI ANAK TUNANETRA DI SLB-A YAPTI KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Makassar.

[img] Text
Jurnal Vera Nitasari.pdf

Download (489kB)
[img] Text
VERA_NITASARI_-_KTI_(PO713261211048) (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penderita tunanetra biasanya kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mengabaikan perawatan gigi. Terbukti bahwa orang normal dan penderita tunanetra biasanya menunjukkan bahwa Indeks debris, kalkulus dan oral higiene penderita tunanetra lebih tinggi dibandingkan orang normal, disebabkan mereka mengalami kesulitan dalam memelihara kesehatan rongga mulut. Peningkatan pengetahuan guru mengenai kesehatan rongga mulut akan membantu guru dalam mengajarkan kepada murid mengenai kesehatan gigi dan mulut. Guru tidak dapat mengajarkan pengetahuan yang luas mengenai kesehatan gigi dan mulut apabila guru tersebut tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan pengetahuan guru terhadap karies gigi anak tunanetra SLB-A Yapti menggunakan indeks pufa. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif deskriptif observasional dan jumlahh sampel 34 orang dengan cara pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan berupa analisis univariat & bivariate dengan uji statistik yaitu Uji Chi Square Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak tunanetra cenderung lebih mudah mengalami karies, dan tidak terdapat hubungan pengetahuan guru terhadap karies gigi anak tunanetra di SLB-A YAPTI Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Makassar > Jurusan Kesehatan Gigi
Depositing User: Elsi Elsi Premiwati
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:05
Last Modified: 13 Aug 2025 01:05
URI: http://repositorynew.poltekkes-mks.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item