PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS SAMATA

RUSLI, FEBY FEBRIANTI (2024) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS SAMATA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Makassar.

[img] Text
FILE LENGKAP KTI FEBY[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL FEBY.pdf

Download (351kB)
[img] Text
TURNITIN KTI FEBY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pasien dianggap sebagai aspek penting dan indikator utama kualitas fasilitas kesehatan. Kepuasan pasien mencerminkan dampak layanan yang diberikan oleh pusat kesehatan, sehingga pengukuran kepuasan menjadi elemen penting. Kepuasan pasien mencerminkan seberapa baik layanan kesehatan gigi dan mulut memenuhi harapan pasien sebelum menerima perawatan dibandingkan dengan pengalaman mereka setelah menerima perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Samata dengan menggunakan metode Skala Likert untuk membandingkan peserta BPJS dan non-BPJS. Teknik Accidental Sampling digunakan, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 orang. yang terdiri dari 30 sampel pasien BPJS dan 30 sampel Pasien Non BPJS. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t independent. Kesimpulan, ada perbedaan antara tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Samata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Poltekkes Kemenkes Makassar > Jurusan Kesehatan Gigi
Depositing User: Elsi Elsi Premiwati
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:43
Last Modified: 12 Aug 2025 03:43
URI: http://repositorynew.poltekkes-mks.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item