PUSPITASARI, INDRI (2024) Komparasi Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Media Video dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pada Siswa Kelas 2 SMP Negeri 1 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Makassar.
![]() |
Text
KOMPARASI EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 1 LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
MANUSKRIP_INDRI PUSPITASARI 3.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KOMPARASI EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 1 LILIRILAU.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Anak remaja usia 12-14 tahun merupakan anak remaja sekolah menengah pertama yang sedang mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media video dan metode ceramah terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa kelas 2 SMP Negeri 1 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan before after control group design, rancangan ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok control. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP Negeri 1 Lilirilau yang menjadi sampel sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian diketahui tingkat pengetahuan sampel pada kelompok intervensi sebelum diberikan edukasi (100%) dengan kategori kurang. Setelah diberikan edukasi tingkat pengetahuan sampel (88,2%) dengan kategori baik. Tingkat sikap pada kelompok intervensi sebelum diberikan edukasi (100%) cukup baik. Setelah diberikan edukasi tingkat sikap sampel (94,1%) dengan kategori baik. Tingkat pengetahuan sampel pada kelompok control (100%) dengan kategori kurang. Setelah diberikan edukasi tingkat pengetahuan sampel (82,4%) dengan kategori baik. Tingkat sikap kelompok control sebelum diberikan edukasi (58,8%) dengan kategori baik. Setelah diberikan edukasi tingkat sikap (70,6%) dengan kategori cukup. Analisis statistik diketahui ada perbedaan edukasi menggunakan media video dan metode ceramah terhadap pengetahuan (p=0,000). Analisis statistik diketahui ada perbedaan edukasi menggunakan media video dan metode ceramah terhadap sikap (p=0,000). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan aplikasi yang lebih menarik sesuai dengan perkembangan teknologi sehingga mendukung ketertarikan minat baca bagi responden. Kata kunci : Ceramah, Media Video, Pengaruh Edukasi, Pengetahuan, Sikap Daftar Pustaka : 24 (2000-2023)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QN Nutrition |
Divisions: | Poltekkes Kemenkes Makassar > Jurusan Gizi |
Depositing User: | Elsi Elsi Premiwati |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:46 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:46 |
URI: | http://repositorynew.poltekkes-mks.ac.id/id/eprint/336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |